Pengembangan Wisata Alam di Sanding Terbentur Infrastruktur

0
200
Perbekel Desa Sanding Dewa Putu Mahendra.

GIANYAR – Desa Sanding di Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, memiliki beragam potensi alam sebagai daya tarik wisatawan. Hanya, pengembangan masih sulit dilakukan karena tidak didukung infrastruktur yang memadai.

Wisata alam yang terdapat di Desa Sading yaitu air terjun ganggangan, subak batang, situs purbakala di aliran Tukad Petanu, serta wisata agro. “Pengembangan potensi wisata belum bisa maksimal karena akses jalan masuk ke tempat-tempat wisata itu belum mendukung,” kata Perbekel Desa Sanding Dewa Putu Mahendra, Rabu 7 April 2021.

Keberadaan wisata alam di wilayah Sading menjadi daya tarik bagi beberapa investor. Namun, mereka belum berani menanamkan modal karena masalah infrastruktur. “Investor inginnya semua sudah siap tanpa lagi memikirkan biaya untuk infrastruktur. Selain akses jalan, investor juga melihat ketersediaan jaringan listrik karena lokasi objek wisata tidak berada di pinggir jalan raya,” ungkapnya.

Mahendra berharap Pemkab Gianyar lebih gencar mempromosikan potensi wisata khususnya di wilayah Sanding. “Mudah-mudahan setelah pariwisata dibuka kembali, ada kunjungan wisatawan sekadar untuk refresing menikmati suasana alam. Bila potensi wisata yang ada sudah berkembang, secara otomatis diikuti dengan wisata kuliner,” harapnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here