BulelengEkonomi

Apresiasi Dialog-PKB, Dekranasda Dorong Kreativitas Kain Endek

BULELENG – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buleleng mengapresiasi kegiatan Dialog Perempuan Dan Kain Bali (Dialog-PKB) yang digelar Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) sebagai dukungan terhadap SE Gubenur Bali No. 4 Tahun 2021. Dukungan komponen masyarakat untuk penggunaan Kain Endek tentunya harus disinergiskan dengan kebijakan pemerintah dalam proses produksi dan pemasaran.

“Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 4 tahun 2021 tentang pemakaian endek, merupakan dukungan bagi perajin endek untuk meningkatkan produksi dan kreatifitas,” tandas Ketua Dekranasda Buleleng I Gusti Ayu Aries Sujati, Sabtu, 27 Maret 2021 usai dialog serangkaian HUT Ke-417 Kota Singaraja di Villa Santi.

Aries juga mengapresiasi dialog yang digagas Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) sebagai kegiatan inspiratif bagi kaum perempuan yang modis.

“Mungkin masyarakat lain bisa meniru, bagaimana cara KCKB Buleleng memanfaatkan kain endek yang ada untuk dikombinasikan. Sehingga bisa digunakan untuk acara kasual atau acara santai,” jelasnya.

Kain endek tidak hanya dimanfaatkan untuk pakaian, melainkan juga dapat digunakan sebagai bahan kerajinan berbagai bentuk aksesoris bernuansa endek.

“Kain endek juga bisa untuk bandana, tas, dan kalau mau lebih kreatif lagi bisa juga dipakai kalung,” tandasnya. Sementara untuk menghindari monopoli atau ekspansi pabrikasi, pemerintah juga hendaknya melindungi dan melestarikan pengrajin endek.

BACA JUGA:   Hadiri Peringatan HPN 2024, Sekda Buleleng Ajak PWI Peduli Anak Yatim Piatu

Hal senada diungkapkan Agatha selaku Ketua Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) Kabupaten Buleleng. Menurutnya, selain untuk memeriahkan HUT Ke-417 Kota Singaraja, Dialog PKB juga diharapkan dapat menggerakkan kaum perempuan untuk tetap beraktivitas di masa Pandemi Covid-19.

“Melalui dialog ini, kami bertukar pikiran, sharing dengan kaum perempuan pecinta kain Bali, melibatkan Ibu Aries selaku Ketua dari Dekranasda Bali untuk bisa aktif dan produktif di tengah Pandemi Civid-19, dengan tetap taat menerapkan Protokol Kesehatan,” tandasnya.

Selain mempromosikan Kain Endek Bali, melaui kegiatan Dialog-PKB juga dilaksanakan lomba peragaan busana dan bhakti sosial ke panti asuhan. (kar)

Back to top button