Pantai di Sukawati Ditutup saat Ngembak Geni

0
259
Camat Sukawati, I Gusti Ngurah Gede Udayadnya.

GIANYAR – Bertepatan dengan Ngembak Geni atau sehari setelah hari raya Nyepi, Senin 15 Maret 2021, akses seluruh pantai di wilayah Sukawati, Gianyar, ditutup. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan berkaitan dengan pandemi  Covid-19.

Camat Sukawati, I Gusti Ngurah Gede Udayadnya mengatakan, penutupan akses pantai sementara di wilayahnya berdasarkan kesepakatan bersama antara forum komunikasi pimpinan kecamatan, majelis desa adat, PHDI, perbekel, serta bendesa adat Se-Kecamatan Sukawati pada 17 Februari 2021.

Pihaknya juga berkordinasi dengan TNI/Polri serta pecalang untuk bersama-sama menjaga akses ke semua pantai. “Pantai di Kecamatan Sukawati cukup banyak dan tentunya kami berkordinasi dengan pihak TNI-Polri dan pecalang,”ungkap Gede Udayadnya, Rabu 3 Maret  2021.

Sementara, upacara melasti serangkaian hari raya Nyepi dilaksanakan ngubeng di masing-masing desa adat. “kegiatan ngubeng ini juga dengan pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas tempat dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here