Polemik Tanah Pasar Umum Gianyar, Fraksi Golkar Dorong Pemkab dan Desa Adat Mediasi

0
142
Fraksi Golkar DPRD Gianyar melakukan pertemuan di Kantor Sekretariat DPD Golkar Gianyar, Minggu 21 Februari 2021.

GIANYAR – Polemik status tanah Pasar Umum Gianyar menyita perhatian Fraksi Golkar DPRD Gianyar. Para wakil rakyat itu mendorong agar dilakukan mediasi antara Desa Adat Gianyar dengan Pemkab Gianyar.

“Melalui mediasi, solusi menyelesaikan permasalahan tanah Pasar Umum Gianyar bisa dirumuskan. Ini harus segera supaya agar ada titik terang dan tidak terkatung-katung,”kata Ketua Fraksi Golkar I Made Suteja, didampingi Ketua DPD Golkar Gianyar I Kadek Era Sukadana bersama empat anggota fraksi lainnya, Minggu 21 Februari 2021 di Kantor Sekretariat DPD Golkar Gianyar.

Menurutnya, desa adat dan Pemkab Gianyar memiliki hak sama untuk mengajukan hak atas tanah tersebut. Namun, pihaknya ingin agar kedua belah pihak bisa duduk bersama tanpa saling mencari-cari kesalahan. “Kami dari legislatif ingin agar persoalan ini segera selesai demi kenyamanan masyarakat,” ungkapnya.

Apabila desa adat berdasarkan persetujuan krama mengajukan permohonan hak milik atas tanah tersebut, Suteja menyerahkan sepenuhnya. “Pertimbangan bahwa desa adat berhak mengajukan permohonan hak milik karena saat ini desa adat sudah menjadi subyek hukum sejalan dengan Perda Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali. Apabila permohonan hak milik itu disetujui, maka kami mendukung Desa Adat Gianyar untuk memberikan izin pengelolaan tanah kepada Pemkab Gianyar,” tandasnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here