DPRD Bali Minta Pelantikan Bupati dan Walikota Sesuai Jadwal Awal

0
40

DENPASAR – Ketua Komisi I DPRD Bali, Nyoman Adnyana meminta kepada Mendagri agar pelantikan Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota terpilih pada Pemilukada 9 Desember 2020 lalu tetap dilantik sesuai jadwal 17 Pebruari 2021. Alasannya, pelantikan sesuai jadwal tersebut guna menghindari adanya vacuum of power atau kekosongan kekuasaan definitif di masing-masing daerah. Penegasan tersebit disampaikan Nyoman Adnyana di DPRD Bali Senin, 15 Februari 2021.

Menurutnya selain menghindari terjadinya kekosongan kekuasaan, hal tersebut juga dilakukan untuk mencegah adanya isu-isu liar yang tidak bertanggung jawab di masyarakat. Sementara disejumlah provinsi kabupaten kota yang menggelar Pemilukada serentak pada waktu yang sama, pelantikannya tetap berjalan. Di Bali sendiri sampai saat ini belum ada surat tesmi dari Mendagri yang meminta dilakukan penundaan pelantika.

“Saran kami sebenarnya adalah sesuai dengan jadwal, supaya tidak ada pendapat-pendapat liar,”katanya.

Pihaknya berharapa Pemprov bisa secepatnya mengambil sikap tegas untuk melakukan persiapan pelantikan dan memastikan ke Kementrian Dalam Negeri.

“Penundaan secara resmi pelantikan belum ada dari Mendagri,”imbuhnya.

Sementara Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, I Ketut Sukra Negara menyebutkan bahwa pihaknya memang menerima surat dari Kemendagri. Hanya saja, surat tersebut berisi dua opsi, yakni pertama adalah tetap melaksanakan pelantikan pada 17 Februari 2021.

Dan yang kedua menyiapkan Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Daerah apabila nantinya ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai penundaan. Para Plh. tersebut akan dijabat oleh para Sekretaris Daerah (Sekda) di enam kabupaten/kota setempat.

“Memang ada surat untuk menyiapkan Plh. yakni Sekretaris Daerah apabila pelantikannya diundur. Kalau tidak molor ya tanggal 17,” katanya.

Karo Tapem Ketut Sukra juga menjelaskan, meski demikian dan belum ada kepastian, pihaknya juga tetap melaksanakan gladi bersih pelantikan pada Selasa 16 Februari 2021 sore.

“Kami siapkan Plh, juga asumsi kalau pelantikan tetap tanggal 17 kami juga siapkan gladi besok,” pungkasnya. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here