Pantau Kasus Per-Desa, Buleleng Terapkan PPKM Berbasis Mikro

0
73
Gede Suyasa

BULELENG – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng untuk mengoptimalkan pengendalian Pandemi Covid-19. Selain pemenuhan sarana prasarana dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), Pemkab Buleleng melalui Satuan Tugas Percepatan Penanganan (Satgas-PP) Covid-19 juga merubah strategi pemantauan kasus konfirmasi.

“Pemantauan kasus konfirmasi dilakukan per desa/kelurahan. Berdasarkan hasil pemantauan terhadap perkembangan kasus di desa/kelurahan, kita terapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro. Mikro yang dimaksud adalah PPKM dilakukan per desa/kelurahan,” tandas Sekretaris Satgas-PP Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa, Minggu 7 Februari 2021.

Pada rakor yang dipinpin langsung Gubernur Bali, kata Suyasa, juga ditegaskan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 tahun 2021 tentang Pedoman PPKM Berbasis Mikro.”Pembatasan kegiatan masyarakat sampai dengan tingkat RT/RW dan PPKM Berbasis Desa/Kelurahan. Ini dirapatkan tadi bersama Bupati dan Walikota se-Bali. Untuk dipersiapkan, karena akan diberlakukan mulai tanggal 9 Pebruari 2021,” teranganya.

Dalam Inmendagri terbaru, Buleleng tidak tidak termasuk daerah yang terkena kebijakan PPKM Kabupaten/Kota.

“Namun, Buleleng diperbolehkan mengambil kebijakan atau keputusan terhadap desa yang membutuhkan PPKM. Secara substansi, Buleleng sudah pernah melakukannya bahkan sedang melakukannya. Seperti yang telah dilakukan di Kelurahan Banyuning dan Desa Pancasari,” ungkapnya.

Dari hasil evaluasi pemberlakuan PPKM Desa/Kelurahan yang dilaksanakan Buleleng, Suyasa menyatakan berjalan cukup efektif.”Terakhir kita laksanakan di Desa Pegadungan Kecamatan Sukasada dan sampai saat ini masih berlaku,” terangnya.

Hasilnya, PPKM berjalan efektif karena kasus menurun.

“Tapi, karena waktu itu belum ada aturan tentang PPKM mikro ini, kita menyebutnya pengawasan dan pengendalian ketat terhadap desa maupun kelurahan. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here