Karatan, TPI Yeh Kuning Kropos Terancam Ambruk

0
67
TERANCAM AMBRUK : Bangunan TPI Yeh Kuning yang mengalami kerusakan di bagian atapnya bertahun-tahun.

JEMBRANA- Bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Yeh Kuning, Kecamatan Jembrana, mengalami kerusakan parah. Bangunan yang difungsikan untuk jual beli ikan dan mendata hasil tangkapan nelayan, mengalami kerusakan di bagian atap dan terancam roboh akibat abrasi pantai.

Pantauan di lapangan, hampir seluruh atap bangunan kropos karena karatan. Bahkan beberapa genteng sudah jatuh ke lantai bangunan. Selain kerusakan atap, bangunan TPI yang dibangun persis di Selatan lapangan Desa Yeh Kuning, kini hanya berjarak sekitar 2 meter dari pantai karena terus dikikis ombak.

Parahnya, kerusakan yang sudah berlangsung sekitar setahun, sehingga tak lagi difungsikan untuk aktivitas jual beli ikan. Warga sekitar TPI mengatakan, kerusakan atap bangunan TPI, sudah terjadi sekiatar setahun lalu. Kerangka baja ringan, membuat atap cepat rusak.

“Baja tak cocok untuk bangunan di pesisir pantai, mudah karatan hingga merontokan genteng serta plafon bangunan,” ungkap salah satu warga.

Perbekel Yeh Kuning Gusti Made Adiasa Susila ketika dikonfirmasi mengatakan, kerusakan bangunan TPI di desanya sudah pernah diusulkan perbaikan tahun lalu.

“Tahun ini rencananya diperbaiki. Sesuai konfirmasinya ke Bidang Perikanan, Perbaikan TPI direalisasikan sekitar April ini, ya biar segera ditangani perbaikanya. Tidak mengunakan kap baja melainkan kayu karena cuaca di laut tak cocok dengan bahan baja,” terangnya. (ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here