Penuhi Air Baku, Perumda THB Garap Dua SPAM dan Sumur Bor

0
47

BULELENG – Peningkatan layanan warga masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan dasar berupa air bersih terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. Selain peningkatan layanan dengan sistem online, Pemkab Buleleng melalui Perumda Tirta Hita Buleleng (THB) juga berupaya menggali potensi alam sebagai sumber air baku.

“Selain pengembangan sumur bor, pemenuhan air baku juga kami lakukan melalui optimalisasi dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang ada di Kabupaten Buleleng yakni SPAM Burana dan SPAM Air Sanih,” tandas Dirut Perumda THB, Made Lestariana, Rabu (13/1/2021).

Pengembangan sumur bor, kata Lestariana, dilakukan untuk optimalisasi layanan pelanggan di wilayah Kota Singaraja yang semakin meningkat, seiring dengan bertambahnya perumahan.

“Tahun 2021 kami bangun satu unit  sumur bor diwilayah Kelurahah Banyuning untuk memenuhi kebutuhan air bersih khususnya pelanggan yang ada di sejumlah perumahan,” ungkapnya.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan air baku di wilayah Buleleng Barat, dilakukan melalui optimalisasi SPAM Buleleng-Jembrana (Burana) dari Bendung Titab.

“Air baku SPAM Burana ini untuk melayani pelanggan di Kecamatan Busungbiu, Seririt dan Gerokgak,” jelasnya.

Lestariana menambahkan, optimalisasi air baku darin SPAM Air Sanih dilakukan untuk pemenuhan air bersih bagi warga masyarakat yang ada di Buleleng Timur.

“SPAM Air Sanih yang sudah dimanfaatkan sejak Tahun 2020 dioptimalkan secara bertahap untuk melayani kebutuhan air bersih  warga masyarakat yang ada di Kecamatan Sawan, khususnya pada wilayah Desa Bungkulan, Kecamatan Kubutambahan dan Kecamatan Tejakula,” tandasnya.

Selain peningkatan layanan kepada masyarakat, penambahan sumur bor serta optimalisasi SPAM Burana dan Air Sanih ini juga diharapkan dapat meningkatkan target pendapatan daerah.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here