“No Comment” Usulan PAW Sujanayasa, Juwita : Saya Hanya Jalankan Mekanisme Partai

0
861
Sekretaris DPD Partai NasDem Karangasem I Made Juwita.

KARANGASEM – Suhu politik di internal DPD Partai NasDem Karangasem sedikit menghangat menyusul Ketua DPD I Gusti Ayu Mas Sumatri mengajukan surat ke DPW Partai NasDem Bali untuk mengganti I Kadek Sujanayasa sebagai anggota DPRD Karangasem melalui proses penggantian antar waktu (PAW).

Surat usulan PAW bernomor 051-SI/NasDem-K.Asem/XII/2020 tertanggal 14 Desember 2020 itu bocor hingga membuat resah kader partai di bawah. Dalih mendepak Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Bali dari kursi Dewan Karangasem itu disinyalir karena kekalahan Mas Sumatri di TPS Sujanayasa saat Pilkada 9 Desember 2020.

Sekretaris DPD Partai NasDem Karangasem I Made Juwita yang dihubungi, Rabu (13/1/2021) tidak mau berkomentar lebih jauh terkait surat usulan PAW Sujanayasa yang ditandatanganinya tersebut. “Pokoknya saya no comment. Saya hanya menjalankan mekanisme yang ada di partai. Persoalan sanksi itu ranahnya ada di DPP,” ujar anggota DPRD Karangasem dua periode asal Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem ini.

Sekadar diketahui, Juwita memiliki catatan bagus dalam sejarah lahirnya Partai NasDem di Karangasem. Demikian pula Sujanayasa yang saat itu dipercaya menjadi Ketua DPD Partai NasDem Karangasem.

Kala itu, Juwita sebagai Ketua Bappilu mendampingi Sujanayasa dengan sekretaris I Komang Kertayasa. Melalui gerakan restorasi, mereka mampu membesarkan partai besutan Surya Paloh di Bumi Lahar. Salah satu bukti pada Pileg 2014, NasDem Karangasem berhasil merebut lima kursi di DPRD Karangasem dan satu kursi DPRD Bali. Hasil itu menjadi sebuah kejutan karena partai berlambangkan lingkaran biru dengan dua siluet oranye di tengah tersebut baru lahir dari kancah perpolitikan tanah air.

Di Pilkada 2015, NasDem Karangasem dibawah Komando I Kadek Sujanayasa berhasil membangun koalisi bersama partai kecil untuk mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Karangasem dengan slogan MasDipa, yakni I Gusti Ayu Mas Sumatri yang hengkang dari PDI Perjuangan berpasangan dengan I Wayan Artha Dipa.

Bersama partai pengusung, Sujanayasa yang dipercaya sebagai ketua koalisi sekaligus ketua tim pemenangan mampu memikat hati masyarakat hingga mengantarkan MasDipa dengan kemenangan telak dari pasangan cabub/cawabup PDI Perjuangan, I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati dan Cabub/Cawabub Golkar I Made Sukerana-I Nyoman Kisid. (wat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here