Gapensi Buleleng Berharap Perimbangan Proyek Pusat dan Daerah

0
71
Rapat evaluasi, BPC Gapensi Buleleng berharap perimbangan proyek pusat dan daerah

BULELENG – Bisa bertahan dan tetap eksis pada masa Pandemi Covid-19, merupakan ungkapan rasa syukur pengusaha konstruksi yang tergabung dalam wadah Badan Pengurus Cabang Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (BPC-Gapensi) Kabupaten Buleleng. Dari hasil evaluasi BPC Gapensi Buleleng yang beranggotakan 80 pengusaha konstruksi mengakui Tahun 2020 sebagai masa tersulit.

“Mungkin bukan hanya kami, kondisi ini terjadi secara nasional, terlebih dengan adanya Pandemi Covid-19,” kata Ketua Dewan Pertimbangan BPC Gapensi Kabupaten Buleleng, I Nyoman Suasana, Jumat (08/01/2021) pada acara rapat Evaluasi Tahun 2020 dan Proyeksi Tahun 2021 di Sekretariat BPC Gapensi Kabupaten Buleleng.

Mantan Ketua BPC Gapensi Buleleng ini mengungkapkan selain kondisi perekonomian yang terpuruk, masa sulit pengusaha konstruksi juga terjadi karena penerapan aturan pengadaan barang dan jasa yang sangat ketat, tidak adanya kebijakan pemerintah daerah yang memihak pada pengusaha konstruksi lokal, serta kemampuan finansial dan kompetensi pengusaha konstruksi lokal.

“Regulasinya tidak masalah, kalau dirubah malah kacau. Yang dibutuhkan sesuai saran masukan dari saudara Ketut Rangga dan Made Suarnawa, perimbangan proyek pusat dengan daerah baik dari segi jenis maupun nilai pekerjaan. Sehingga dapat menjawab kebutuhan daerah, dan sekaligus memberdayakan pengusaha konstruksi lokal,” ujarnya.

Ketua BPC Gapensi Buleleng masa bakti 2020-2025, I Nyoman Gede Wandira Adi menyatakan Pandemi Covid-19 juga mengakibatkan pengusaha konstruksi masuk menjadi pengusaha kecil.

“Ya, harus diakui, pada masa pandemi ini hampir 99,8 persen pengusaha konstruksi di Buleleng masuk katagori usaha kecil. Selain tidak mampu bersaing karena nilai proyek tinggi, kompetensi juga tidak mamadai. Dan ini hasil evaluasi kami, untuk bisa eksis tahun 2021,” tandasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here