Harga Cabai Makin “Pedas”, Tembus Rp 80 Ribu/Kg

0
41
NAIK : Pedagang bumbu di Pasar Amlapura, Karangasem.

KARANGASEM – Di awal tahun 2021, harga kebutuhan pokok seperti cabai rawit merah mengalami kenaikan. Di Pasar Amlapura Karangasem misalnya, harga cabai tembus Rp 80.000 per kilogram dari sebelumnya di kisaran Rp 30.000-Rp 40.000.

Sejumlah pedagang menuturkan, kenaikan harga cabai rawit merah terjadi sejak sepekan lalu. Sebagian besar pedagang bumbu di Pasar Amlapura Timur mendapat pasokan cabai dari pengepul asal Lombok dan Jawa Timur. Ada juga dari petani lokal di Karangasem dan Baturiti, Tabanan. “Pasokan cabai akhir-akhir ini susah didapat. Kalaupun ada, dapatnya sedikit. Kabarnya, kenaikan harga akibat gagal panen karena cuaca buruk,” ungkap Ni Kadek Suarti, pedagang bumbu dan sembako asal Desa Pidpid, Kecamatan Abang, Karangasem.

Cabai rawit merah kualitas nomor dua atau campuran diberandol dengan harga Rp 70.000 per kilogram dan cabai rawit hijau dijual Rp 50.000 per kilogram. Sedangkan cabai merah besar maupun bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih masih relatif stabil. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here