Pantai Samigita Diselimuti Sampah Plastik

0
43
Kondisi Pantai Samigita terselimuti sampah plastik.

BADUNG – Sejak 31 Desember 2020, menepinya sampah di pesisir Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita) mengalami peningkatan. Dua hari terakhir, kebanyakan sampah plastik.

“Kalau kemarin (2 Januari 2021) total sampah yang kami evakuasi dari Pantai Samigita sebanyak 140 truk dan hari ini sekitar 100 truk,” ungkap Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung AA Gede Agung Dalem, dihubungi Minggu (3/1/2021).

Pantuan di lokasi, sampah plastik mendominasi dengan perkiraan perbandingan 60:40. “Yang jelas sumbernya itu dari laut, entah awalnya itu dari mana. Tapi perkiraan saya, itu tidak semata-mata dari Bali. Karena seperti diketahui, di Bali ini sudah ada aturan yang membatasi timbulan sampah plastik,” bebernya.

Menepinya sampah di pesisir Pantai Samigita diperkirakan masih berpotensi terjadi beberapa hari ke depan. Tentunya dengan volume yang fluktuatif, dan biasanya dipengaruhi pula oleh turunnya hujan di sebuah wilayah. “Sampah-sampah di pesisir pantai kami tempatkan sementara pada beberapa stopover. Kemudian itu akan kami angkut secara bertahap ke TPA,” katanya.

Sementara itu, meski gerimis sedang mengguyur, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa datang ke Pantai Samigita untuk memantau kondisi dan pelaksanaan pembersihan sampah, Minggu (3/1/2021). Ia meminta maaf atas adanya sampah yang menganggu kenyamanan di pantai wilayah Kabupaten Badung. “Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, walau ini bukanlah sebuah kesengajaan. Ini adalah sampah dari laut, yang menepi di pantai wilayah Kabupaten Badung ketika angin barat,” ungkapnya sembari mengatakan bahwa dalam rangka menyikapi fenomena tahunan tersebut, Pemerintah Kabupaten Badung akan melakukan penambahan 4 alat baru. Alat-alat tersebut diharapkan sudah bisa datang dan beroperasi di pertengahan Januari ini. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here