Musim Hujan, Lampu Penerangan Jalan Mendadak Banyak Tak Berfungsi

0
56
Musim hujan lampu penerangan jalan di Kabupaten Klungkung mendadak banyak tidak berfungsi

KLUNGKUNG- Musim hujan sudah mulai turun. Dalam seminggu bekakangan ini, wilayah Kabupaten Klungkung terus diguyur hujan. Akibatnya ?

Tidak saja wilayah Klungkung terancam banjir, terjadi bencana longsor juga mendadak banyak lampu penerangan jalan tidak berfungsi alias mati. Diperkirakan hal itu terjadi karena lampu penerangan jalan kena air hujan.

Kondisi ini dikeluhkan sejumlah perbekel yang ikut tergabung dalam whatsAp group Klungkung Siaga Bencana. Seperti Perbekel Desa Selat Gusti Adnyana melaporkan lampu penerangan jalan di desanya mati. Demikian pula terjadi di Desa Tohpati, Kecamatan Banjarangkan,Desa Dawan Kelod, Kecamatan Dawan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Klungkung Made Arta menjelaskan, saat ini panjang ruas jalan yang menjadi kewenangan Klungkung sekitar 450.220 meter, dengan total kebutuhan lampu penerangan jalan (LPJ) sebanyak 9.411 unit.

Sementara saat ini, LPJ baru terpasang berjumlah 3.956 unit atau baru 43.2% dari total kebutuhan. “Untuk realisasi pemenuhaan kebutuhan penerangan jalan dari tahun ke tahun (2017 – 2019), rata rata hanya 145 titik lampu pertahun.Kami juga menerima usulan dari setiap kecamatan, untuk penambahan sekitar 200 titik lampu penerangan jalan,” ungkap Made Arta, Jumat (11/12/2020).

Penambahan lampu penerangan jalan sebanyak 200 titik itu, kata Arta, sempat diusulkan tahun 2020. Hanya saja belum bisa terealisasi karena adanya recofusing anggaran.

Penambahan lampu penerangan jalan sebanyak 200 titik kembali diusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk tahun 2021 . Hanya saja usulan itu belum disetujui, sehingga penambahan LPJ tahun 2021 juga urung teralisasi.

” Memang pemasangan LPJ ini harus secara bertahap, karena membutuhkan anggaran besar. Agar semua jalan di Klungkung bisa terpasang LPJ, setidaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp 62 miliar,” jelasnya.(yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here