Terima DPEP2 Bapenas, Wabup Geber Program Prioritas Buleleng

0
29
Wabup Buleleng Nyoman Sutjidra saat menerima kunja Deputi PEP2 KPP Bappenas di Kantor Bupati Buleleng

BULELENG – Momentum acara penerimaan kunjungan kerja (kunja) Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan (DBPEP2) tak hanya dimanfaatkan Wakil Bupati (Wabup) Buleleng I Nyoman Sutjidra untuk menggeber program proritas pembangunan daerah. Saat menerima kunja DBPEP2 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (KPP/Bappenas) Republik Indonesia, Wabup Sutjidra juga menegaskan arah kebijakan dan strategi pembangunan Kabupaten Buleleng.

“Bersama DPRD, Pemkab Buleleng berkomitmen dan tetap berupaya mensinergikan program pembangunan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat,” tandas Wabup Sutjidra, Jumat (13/11/2020) siang saat menerima DBPEP2 PPN/Bappenas Republik Indonesia di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng.

Sesuai arah kebijakan pembangunan daerah, kata Sutjidra, program disusun berdasarkan ketentuan wajib bidang pendidikan dan kesehatan serta program prioritas.

“Program prioritas dan ujung tombak adalah pembangunan sektor pertanian,” ungkapnya.

Untuk menjaga ketahanan pangan pada masa Pandemi Covid-19, pembangunan sektor pertanian dilakukan melalui program Lumbung Pangan dan mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Peraturan Bupati (Perbup) untuk memanfaatkan produk pertanian lokal.

“Seperti beras dan buah lokal untuk dikonsumsi maupun sarana upacara,” jelasnya.

Upaya pemulihan ekonomi, dilakukan Pemkab Buleleng dengan fokus pada kegiatan bidang kesehatan, jaring pengaman sosial dan UMKM.

‚ÄúSeperti Revitalisasi Pasar Banyuasri, pengembangan daya tarik wisata, peningkatan sarana prasarana pertanian dan program/kegiatan yang memberi daya dukung langsung pada pemulihan ekonomi,” tegasnya.

Menyikapi paparan terkait arah kebijakan dan program prioritas tersebut, Dr. Ir. Taufik Hanafi selaku Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan pada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (KPP/Bappenas) Republik Indonesia menyatakan salut dan mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Buleleng.

Ia menegaskan, kunjungan kerja dilakukan sebagai kunjungan kerja lanjutan yang telah dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas Republik Indonesia pada Bulan Agustus 2020 lalu.

“Kami sangat puas setelah mendengar beberapa usulan, diantaranya dibidang penghilirisasi, memperkuat nilai tambah untuk sektor pertanian dan juga proses transformasi digital untuk UMKM. Dan ini juga sejalan dengan kebijakan nasional,” tandas Taufik yang juga mengapresiasi perkembangan pembangunan di Kabupaten Buleleng termasuk tantangan, permasalahan dan rencana kedepan yang telah disusun. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here