Disparda Gianyar Diminta Inovatif Hidupkan Objek Wisata yang Mati Suri  

0
172
Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi.

GIANYAR – Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menambah dua objek wisata baru yaitu Goa Garba dan Pura Mengening. Hal itu ditanggapi  Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi.

Ia meminta Dinas Pariwisata Gianyar lebih inovatif. Tidak hanya sebatas menambah tapi juga menghidupkan kembali objek wisata yang belum tergarap maksimal. Menurutnya, potensi wisata alam di Gianyar jauh lebih bagus dari daerah lainnya. “Kita di Gianyar memiliki potensi alam yang luar biasa untuk dikembangkan yang ada juga potensi budaya, adat istiadat maupun seni,” ujar Ni Made Ratnadi, Selasa (10/11/2020).

Ratnadi juga menyinggung objek wisata yang kini mati suri yaitu Open Stage Sidan di Desa Sidan Gianyar.  Ia berharap adanya pembaruan  dengan penyediaan wisata yang lebih diminati masyarakat maupun wisatawan seperti dibuatkan swing.  “Yang di Sidan itu khan pemandangannya sangat bagus. Kalau Disparda punya inovasi bisa bikin swing di sana akan sangat bagus itu,” tegasnya.

Tak hanya itu,  museum subak juga dinilainya belum berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu adanya gebrakan dalam proses edukasi milsanya kepada anak-anak dengan pengenalan subak termasuk alat –alat tradisional yang dipakai bertani.  “Kalau saya lihat museum subak itu belum berfungsi sebagaimana mestinya. Subak itu khan sudah fenomenal, kenapa itu tidak digali ?. Bagaimana dikembangkan agar bisa dikunjungi wisatawan. Subak itu apa, perangkatnya apa saja. Dinas Pendidikan seluruh Bali bisa bekerja sama mengajak muridnya ke sana untuk memberikan edukasi. Secara tidak langsung ini merupakan promosi di bidang pendidikan juga,” ungkapnya.

Tekait harapan untuk lebih berinovasi, Kapala Dinas Pariwisata Gianyar Anak Agung Gde Putrawan mengatakan akan menindaklajutinya.  “Kita akan kaji lebih lanjut. Untuk sementara yang dikembangkan dua objek wisata itu saja (Goa Garba dan Mengening),” jelasnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here