Ida Pedanda Wayahan Bun Sarankan AWK Minta Maaf dan Gelar Guru Piduka

0
211
Ida Pedanda Wayahan Bun.

GIANYAR – Senator I Gusti Ngurah Arya Wedakarna (AWK) tangkil  ke Gria Sanur Pejeng, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Minggu (8/11/2020). Ia meminta saran dan petunjuk Ida Pedanda Wayahan Bun terkait  beberapa penggalan videonya yang beredar di media sosial menuai kontroversi di masyarakat.

Pada kesempatan itu, Ida Pedanda Wayahan Bun menyarankan agar AWK meminta maaf kepada umat Hindu serta menggelar upacara guru piduka. “Ratu arahkan agar dia segera meminta maaf kepada umat Hindu dan sesegera mungkin menghaturkan guru piduka kepada Ida Bhatara yang ia sebut dalam video itu. Dia bilang sanggup akan menggelar upacara guru piduka,” kata Pedanda Wayahan Bun yang ditemui wartawan, Senin (9/11/2020).

Pedanda Wayahan Bun mengungkapkan banyak tokoh umat Hindu yang sempat emosi saat awal video AWK viral karena terdapat potongan video doa dinilai negatif kepada Ida Pedanda yang ada di Bali.  Sebagai seorang Brahmana, Ida Pedanda Wayahan Bun tidak  menanggapi dengan serius. “Bukan karena AWK dekat dengan gria sini. Siapapun itu memang harus ditanggapi tapi tanggapi dengan cara Brahmana karena Brahmana tidak suka bila dipuji dan tidak duka   apabila dihina sehingga ratu menghadapinya dengan tenang. Kebesaran seorang Brahaman bukan balas dendam tapi memberi maaf,” tegasnya.

Terkait aksi pemukulan dialami AWK saat adanya demo di Kantor DPD RI, Ida Pedanda menilai hal itu sebagai sesuatu yang harus disyukuri bagi seorang pemimpin tangguh. “Seperti Panca Pandawa memimpin Astinapura justru banyak mendapat “tamparan”. Tentunya, semua itu membuat seorang pemimpin menjadi lebih tangguh dan cepat mendewasan diri sendiri,” tegas Pedanda pensiunan Dosen Fakultas Sastra Universitas Udayana ini. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here