Bangun Destinasi Saat Krisis Pandemi, Green Kubu Penida Siapkan Teater Langit Jadi Icon Festival Nusa Penida

0
880
Green Kubu Penida di Dusun Sebunibus, Desa Sakti, Nusa Penida menghadirkan destinasi kuliner dan theater langit, melengkapi destinasi alam di Nusa Penida.

KLUNGKUNG – Pelaku pariwisata di Nusa Penida optimis industri pariwisata bakal bangkit lagi. Operator Green Kubu Penida misalnya, meski krisis akibat pandemi Covid-19, tetap mempersiapkan destinasi guna menyambut geliat industri pariwisata dalam tatanan kenormalan baru.

Saat ini, operator Green Kubu Penida menyiapkan destinasi kuliner dan teater di atas bibir pantai Dusun Sebunibus, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida. Menurut operator Green Kubu Penida Wayan Yadnya, destinasi kuliner bakal menyasar wisatawan lokal dan wisatawan domestik. Green Kubu Penida juga menyiapkan teater langit dengan tarian kecak sebagai daily performance (pertunjukan setiap hari). Panggungnya dibagun persis di atas bibir pantai dengan harapan menjadi icon festival di Nusa Penida. “Kalau hanya mengandalkan wisata alam, kurang lengkap rasanya. Makanya kami bangun destinasi kuliner dan destinasi teater,” ungkap Wayan Yadnya, Sabtu (7/11/2020).

Ia mengatakan, wisatawan lokal menjadi pasar sangat potensial, dengan jumlah diperkirakan 180 juta termasuk kaum milenial. “Kalau ini digarap dengan baik, saya melihatnya merupakan pasar yang potensial. Wisata kuliner nanti akan ada sigmentasinya dari harga kaum milenial hingga harga bersaing,” kata Wayan Yadnya yang memiliki pengalaman malang melintang di industri pariwisata.

Pria asal Dusun Sebunibus, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida ini menambahkan, selain menjual destinasi kuliner dan destinasi teater, Green Kubu Penida juga menyediakan the club. “Wisatawan bisa menghabiskan waktu liburnya. Kami juga menyiapkan the club,” ujarnya.

Usaha yang dibangun dengan modal patungan keluarga bersama sejumlah warga Desa Sakti ini rencana launching Desember mendatang  “Meski masa pandemi, kami masih punya semangat, punya harapan. Justru moment ini (pandemi) kami ingin membakar semangat teman-teman pelaku dan masyarakat Nusa Penida, situasi ini pasti bakal kembali normal. Kami juga ingin membantu pemerintah, memutar ekonomi warga saat masa pandemi dengan merekrut tenaga kerja lokal,” katanya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang sempat meninjau lokasi mengapresiasi semangat warga Nusa Penida yang tetap berpikir positif menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi . Suwirta menyatakan kagum dengan keindahan panorama alam Nusa Penida yang akan dikombinasikan dengan destinasi kuliner dan destinasi teater. “Tetaplah semangat, bekerja, berpikir positif menghadapi masa pandemi. Ini potensi luar biasa,” harapnya Suwirta. (yan,dum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here