Ruangan Siap, Lab PCR RSUD Buleleng Tunggu Alat Penunjang

0
67
Ruangan siap, pengoperasian Lab PCR RSUD Buleleng tunggu kedatangan alat pelengkap

BULELENG – Pengoperasian Laboratorium  Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Kabupaten Buleleng belum bisa dilakukan awal Bulan November 2020. Meski ruangan sudah siap, namun karena masih menunggu alat pelengkap, pengoperasian laboratorium yang diharapkan dapat membantu percepatan penanganan Covid-19 ini baru bisa dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan.

“Pembangunan fisik lab PCR yang terletak di RSUD Buleleng sudah rampung dikerjakan, pengoperasian lab PCR tinggal menunggu ketersediaan sarana penunjang yang diyakini dalam beberapa hari ini datang,” tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Senin (2/11/2020) usai mengikuti rapat pembahasan KUA-PPAS tahun 2020.

Laboratorium PCR senilai Rp 1,4 Miliar ini, kata Suyasa yang juga Sekretaris Satgas-PP Pandemi Covid-19 Buleleng dibiayai penuh Pemkab Buleleng melalui alokasi dana Belanja Tak Terduga (BTT).

“Pemkab Buleleng menyediakan Lab PCR ini untuk percepatan pengujian speciment swab pasien yang terindikasi Covid-19. Lab PCR ini dapat menerima uji spesimen swab hingga 45 kali test dalam sehari,” terangnya.

Setelah alat pelengkap datang, Lab PCR diharapkan bisa dioperasikan karena dokter spesialis dan tenaga analis yang dibutuhkan sudah selesai mengikuti pelatihan.

“SDM sudah siap, mereka sudah latihan di RS Bali Mandara, kemudian menyusul gelombang kedua, nanti akan datang lagi diminggu kedua ini tambahan, ya semua sudah siap,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here