Diduga Lalai, Penyulingan Cengkeh Terbakar

0
52
Diduga akibat kelalaian, penyulingan cengkeh di Desa Mengening ludes terbakar

BULELENG – Nasib apes dialami Putu Andi Darmawan (39) beralamat Banjar Dinas Tegal Desa Mengening Kecamatan Kubutambahan. Gudang berikut mesin penyulingan dan daun cengkeh yang disuling untuk minyak, ludes terbaakar. Tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran yang terjadi Senin (2/11/2020) dinihari sekitar pukul 02.00 WITA tersebut.

“Tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran tersebut, namun kerugian material akibat kebakaran penyulingan cengkeh seluas 2 are ini diperkirakan Rp 200 Juta,” ungkap Kasubbaghumas Polres Buleleng, Iptu I Gede Sumarjaya, saat dikonfirmasi Senin (02/11/2020) di Mapolres Buleleng.

Mantan Kanit Reskrim Polsek Kubutambahan ini memaparkan, sesuai hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Kubutambahan, musibah kebakaran ini diketahui kali pertama oleh saksi yang juga pemilik penyulingan, Andi Darmawan. Begitu melihat tempat penyulingan cengkehnya terbakar, saksi langsung menghubungi aparat desa dan kepolisian.

“Oleh petugas kepolisian, kebakaran tersebut langsung dilaporkan kepada Pos PMK Kecamatan Kubutambahan untuk mendapat penangangan lebih lanjut,” tandas Sumarjaya seraya menyebutkan penyebab kebakaran masih diselidiki.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Ka. DPK) Kabupaten Buleleng I Made Subur. Mantan Kepala DPMD Buleleng ini mengungkapkan musibah kebakaran penyulingan cengkeh ini ditangani petugas PMK Buleleng Timur.

“Laporan kebakaran diterima Senin (2/11/2020) pukul 02.30 WITA dan langsung ditangani dengan menghabiskan 10 tangki air. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 04.00 Wita, tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran penyulingan cengkeh yang diduga akibat kelalaian ini,” ujarnya.

Meski kegiatan penyulingan cengkeh dilarang berdasarkan Perbup Buleleng, DPMK Buleleng tetap menangani musibah kebakaran sesuai protap.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here