Jessica Moretosee Perkenalkan Endek Karangasem ke Pasar Global

0
145
Angkat endek Karangasem ke pasar gkobal

KARANGASEM – Hari kedua pelaksanaan Karangasem Cultural Movement Carnival 2020 yang dilaksanakan pada Kamis, (29/10/2020) di Taman Soekasada Ujung, Karangasem, dimeriahkan dengan peragaan busana. Pesertanya dari HARPI Denpasar dan juga dari Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut juga menghadirkan designer Indonesia yang sudah melalang buana hingga internasional yakni Jessica Febian atau nama populernya Jessica Moretosee wanita asal Solo, Jawa Tengah.

Design busana dari Jessica Moretosee ini diperagakan oleh sejumlah Jegeg Bagus Karangasem yang berlenggak-lenggok di atas panggung dengan balutan kain endek asli Karangasem. Jessica sendiri selalu mengembangkan motif-motif kuno yang berbicara tentang filosofi dan spiritual. Ditangannya endek menjadi sebuah karya visual artistik sekaligus simbol identitas kebudayaan, endek pun mendunia sebagai gaya hidup modern kalangan papan atas dan juga anak muda.

Jesica Moretosee

Karya desgin miliknya pun sudah ada di belahan dunia seperti Dubai, Europa USA dan banyak negara lain.
Ia mengaku sangat senang bisa mendukung pemulihan pariwisata Karangasem lagi, setelah sebelumnya dirinya pernah mendukung Karangasem tahun 2018 lalu saat pariwisata anjlok akibat adanya erupsi Gunung Agung.

“Senang banget yang pasti ini bukan pertama kali karena saya sebelumnya sudah pernah mendukung Karangasem di tahun 2018 dimana desain endek saya ini saya fashion show kan di Dubai pada saat itu. Dalam menjalankan misi sosial karena pada tahun 2018, ada erupsi Gunung Agung, dimana ekonomi Bali saat itu juga sempat drop kurang lebih sama seperti sekarang,” katanya.

Jessica, wanita beroaras ayu kelahiran Denpasar Bali juga sempat mengeyam pendidikan di Bali merasa bangga sebagai putri Bali dan generasi muda dirinya ingin membantu dan berkontribusi untuk bisa mengharumkan nama bangsa dengan talenta yang ia miliki.

“Makanya saya angkat Bali untuk dunia.
Dan saya beli kain-kain endek ini dari Sidemen, Karangasem langsung dari pengerajinnya untuk membantu perekonomian mereka. Saya desain lebih kontemporer saya bawa ke internasional nah pada saat itu launching nya di Dubai dan ada pangeran-pangeran yang pada saat itu suka sama tenun ikat ini,” tutur Jessica.

Kedepan, Jessica berharap agar melalui kain endek, Indonesia dapat berdiplomasi kepada dunia. “Dengan kita mencintai endek sama dengan kita ikut mengembangkan budaya bangsa kita ini agar lebih memperkuat lagi,” ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada generasi muda agar tidak lupa akan tanah leluhur.

“Jangan malu untuk mengenakan kain tradisional terutama endek dan kita harus menghargai itu kalau bukan kita siapa lagi jadi harus kita sendiri yang mencintai,” ujarnya.

Selain peragaan Busana endek dari Jessica, dalam fashion show tersebut juga menghadirkan peragaan busana pengantin adat Bali dari Kabupaten/kota di Bali dan juga peragaan busana tradisional dari Korea yakni Hanbook dan tradisional Jepang, Yukata. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here