Bupati Mahayastra Tambah Anggaran Bantuan Kesehatan Menjadi Rp 35 Miliar

0
422
Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra.

GIANYAR – Pemerintah Kabupaten Gianyar menambah alokasi dana program bantuan kesehatan (BK) Rp 3 miliar dari Rp 32 miliar tahun ini menjadi Rp 35 miliar di tahun 2021.

Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra mengatakan, nilai anggaran tersebut bersifat fluktuatif atau bisa ditambah dalam anggaran perubahan apabila nantinya ada kekurangan.  Menurutnya, program BK sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena tidak mengeluarkan biaya pengobatan di RS Sanjiwani termasuk pasien yang dirujuk ke RS Sanglah, RS Indra maupun RSJ Bangli. “Ada warga yang kena biaya pengobatan sampai Rp 50 juta dan melalui program BK ini gratis. Saya sering menerima pesan WA (WhatsApp) ucapan terima kasih dari keluarga pasien karena telah merasakan maanfaatnya program ini. Ini teknisnya simple, semua clear,”ungkapnya.

Kendati demikian, Mahayastra mengakui secara teknis masih ada kekurangan. Salah satunya program BK masih menggunakan sistem manual dan rencananya tahun depan sistem aplikasinya dikembangkan. “Setiap tahun tetap kita evaluasi terkait kekurangannya,”tegasnya.

Terkait anggaran program kesehatan Gianyar hingga Desember 2020, Mahayastra memastikan mencukupi untuk melayani masyarakat. “Sudah kita tambahkan di anggaran perubahan 2020. Desember ini mencukupi,”sebutnya.

Sekadar diketahui, program bantuan kesehatan (BK) di Gianyar digulirkan sejak tahun 2019 menyusul pemutusan kerjasama yang dilakukan Pemkab Gianyar dengan BPJS Kesehatan dalam program nasional Universal Health. Dirut RSUD Sanjiwani Gianyar Ida Putu Upeksa mengatakan, saat ini terdapat 32 bed untuk kelas 3 di RSUD Sanjiwani Gianyar. “ Pasien yang memanfaatkan program BK sampai saat ini tidak sampai ada kekurangan bed” tandas Upeksa. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here