Kapal Nusa Jaya Abadi Diterjang Gelompas, Tabrak Beton Pemecah Gelombang, Kemudi Patah

0
74
Kapal Nusa Jaya Abadi diterjang gelombang pasang. Kapal menabrak beton pemecah gelombang hingga membuat baling-baling rusak parah dan alat kemudi patah

KLUNGKUNG- Kapal Nusa Jaya Abadi yang melayani penyeberangan Nusa Penida-Pelabuhan Padangbai Karangasem dan sebaliknya, diterjang gelombng pasang (gelompas). Kapal terhempas akhirnya menabrak beton pemecah gelombang.

Kejadian itu menyebabkan baling-baling kapal rusak parah dan kemudi kapal bagian kiri patah. Saat ini Kapal Nusa Jaya Abadi tidak bisa dioperasionalkan. Kapal masih dikandangkan di Pelabuhan,Nusa Penida.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membenarkan kejadian tersebut. ” Kejadiannya dua hari lalu. Alat kemudinya patah karena menabrak karang (beton pemecah gelombang),” ungkap Bupati Nyoman Suwirta dikonfirmasi Senin (19/10/2020). Kata dia, musibah itu murni karena kapal dihantam gelombang pasang, saat kapal hendak masuk ke Pelabuhan Nusa Penida, Sabtu (17/10/2020).

“Sekarang masih dikoordinasikan dengan
pihak asuransi dan tehnisi. Apa bisa diperbaiki di Nusa Penida atau ditarik ke Surabaya,” imbuh Bupati Suwirta.

Sementara Kadis Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra menambahkan, saat kejadian arus cukup kuat dan terjadi gelombang pasang. “Seberapa kuat kapal menahan gelombang pasang ? Kapal menabrak breakwater (beton pemecah gelombang), baling-baling nya rusak parah dan kemudi bagian kiri patah. Sementara kapal tidak bisa dioperasikan,” tegasnya seraya menyampaikan, kapal datang dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem.

“Saat itu kapal sedang mengangkut penumpang, mau masuk ke dermaga tiba-tiba gelombang pasang,” ungkapnya.
Sucitra menegaskan, kejadian itu tidak ada kaitannya dengan hasil doking Kapal Nusa Jaya Abadi yang dilakukan belum ini.

” Hasil doking dan clereance (ijin) kapal laik berlayar. Itu (kejadian) karena faktor alam,” demikian Sucitra. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here