Lantik Pengurus Cabang Buleleng, Ini Harapan PDPN Pusat

0
182
DILANTIK : Pelantikan Pengurus PDPN Cabang Buleleng di Gria Upapati Singaraja

BULELENG – Momentum kegiatan Lokasabha dan Pelantikan Pengurus Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara (PDPN) Cabang Buleleng, tak hanya dimanfaatkan PDPN Pusat untuk menyosialisasikan pembaruan organisasi kemasyarakatan yang berdiri sejak tahun 1999 silam ini.

Dihadapan sulinggih selaku pelindung dan penasehat organisasi yang beragotakan masyarakat dari kaum brahmana tersebut, Ketua Bidang Organisasi dan Kesejahteraan PDPN Pusat, Ida Bagus Semadi Putra juga menegaskan pentingnya keberadaan organiasasi serta berharap PDPN mampu menjaga persatuan, kesatuan serta keajegan Bali dan Nusantara.”Apa yang dilakukan beliau (Ida Berata Lelangit,red), mempersatukan sekte-sekte, mengajegkan Bali harus dilanjutkan. Dan itu, merupakan tugas dari Dharmopadesa,” tandas Semadi Putra, Minggu (18/10/2020) usai pembukaan Lokasabha dan Pelantikan Pengurus PDPN Cabang Buleleng masa bhakti 2020-2025 di Gria Upapati Singaraja.

Semadi Putra menegaskan, Bali bisa ajeg karena memiliki konsep pemersatu, dalam konteks Hindu Bali mampu mempersatukan aliran-aliran dan sekte-sekte dalam satu kehidupan yang damai.”Di Bali, bahkan dengan Budha, Siwa Budha saja sudah jangkep (menjadi satu,red), kenapa harus setback lagi, ada aliran-aliran. Saya berharap konsep itu (Tri Murti,red) harus dijaga dan dilanjutkan, tapi penerapannya dengan konteks kekinian,” tegasnya.

Perubahan bisa dilakukan, namun jangan sampai merusak kosep atau nilai-nilai yang sudah baik.”Dengan nyikiang kayun, nyikiang laksana serta ayah-ayah tulus (menyatukan pikiran, perbuatan dan pengabdian tulus),  saya sangat yakin Dharmopadesa mampu menjaga konsep yang diwariskan para pendahulu dalam menyatukan Bali dan Nusantara,” tandasnya. Dharmopadesa juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas organisasi, meningkatkan kompetensi anggota untuk mewujudkan kesejahteraan.

Ketua PDPN Cabang Buleleng masa bhakti 2020-2025, Ida Bagus Made Griastika menandaskan, harapan PDPN Pusat berupa penyatuan visi dan misi, serta penyusunan program dangan skala prioritas akan dilaksanakan bersama dengan kepengurusan yang terbentuk dan sudah dilantik.”Sehingga bisa berkontribusi secara intern, baik meningkatkan kompetensi serta kesejahteran, termasuk sesana maupun eksistensi gria dalam menyikapi kondisi kekinian terutama persoalan keumatan yang terjadi saat ini,” tandasnya.

Sebagai langkah awal, PDPN Cabang Buleleng segera melakukan sosialisasi dan konsolidasi terhadap paiketan (perkumpulan,red) brahmana di Kabupaten Buleleng.”Sehingga, keluarga besar brahmana, dari 36 gria dan 98 dadya di Kabupaten Buleleng mampu menjadi panutan, diawali dari lingkungan keluarga dan lebih lanjut umat serta masyarakat,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here