Genjot PAD, Pemkab Buleleng Optimalkan Retribusi Tower

0
25
GALI PAD : Tim DPMPTSP bersama Satpol PP gencarkan pengawasan tower di Buleleng

BULELENG – Upaya menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dilakukan pemerintah kabupaten (Pemkab) Buleleng dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengoptimalkan pendapatan dari Retribusi Tower atau Menara Telekumunikasi yang ada di Kabupaten Buleleng.

“Hal ini juga merupakan amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Buleleng No. 1 tahun 2019 tentang Retribusi dan Pengendalian Menara Telekomunikasi,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Buleleng I Made Kuta Kamis (15/10/2020) usai memimpin rapat intern di kantornya.

Kuta memaparkan, capaian retribusi tower yang telah memiliki izin, secara keseluruhan pada tahun 2020 baru mencapai Rp. 92 juta lebih dari target sebesar Rp 1,7 Miliar lebih terhadap 190 tower yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng.”Target tersebut belum maksimal dapat dicapai karena adanya pembatasan kegiatan pada  masa Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu sebagian besar dana kegiatan juga dialihkan untuk penanganan Pandemi Covid-19.”Kita berharap kedepan ada tambahan anggaran untuk melaksanakan kegiatan pengendalian dan pengawasan terhadap sejumlah tower yang ada di Buleleng tersebut,” ujarnya.

Dengan dukungan dari DPRD Kabupaten Buleleng, kata Kuta, retribusi yang diberikan pihak swasta/pemilik tower tersebut diharapkan dapat mendorong PAD kira-kira hingga mencapai Rp1,7 miliar.”Capaian itu dari 190 tower yang sudah dianalisa. Jika dioptimalkan terhadap 270 tower yang ada, maka dapat dipastikan Pemkab Buleleng akan memperoleh retribusi hingga Rp. 2 miliar lebih,” tegasnya.

Saat ini, kegiatan pengendalian dan pengawasan terhadap tower telekomunikasi sedang dilakukan Tim DPMPTSP bersama Satpol PP.”Selain pendataan, juga bertujuan melihat kembali kelayakan dan keamanan bagi masyarakat,” pungkasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here