11 Prinsip Ajaran Gandhi ‘Menaklukkan’ Kali Yuga

0
93
Patung Mahatma Gandhi terpajang di Ashram Gandhi Puri,Desa Paksebali, Kecamatan Dawan Klungkung. Mahatma Gandhi dikenal sebagai bapak ahimsa dunia

KLUNGKUNG- Menurut Direktur Ashram Gandhi Puri, I Wayan Sari Dika, ada 11 prinsip ajaran Mahatma Gandhi yang dimuat dalam buku berjudul Mahatma Gandi,diantaranya ahimsa (tanpa kekerasan), satya (kejujuran), asteya (tidak menginginkan hak orang lain), brahmacarya(kesucian), asanggraha(ketidakterikatan), sarirasrama(kerja keras), asvada,(penguasaan indria), sarwatra bhayawarjana(ketidak takutan), sarwa dharma samanatva(menghargai segala keyakinan), svadesi(percaya diri),sparsabhavana(ego).

Menurutnya ke sebelas ajaran Mahatma Gandhi itu sangat relevan diterapkan di jaman Kali Yuga atau dikenal jaman globalisasi yang ditandai adanya modernisasi tehnologi informasi. Dimana pesatnya perkembangan tehnologi informasi ini berdampak pada sendi-sendi kehidupan manusia, mulai dari kehidupan sosial hingga ekonominya. Karena itu, diperlukan adanya kendali agar masyarakat tidak terlalu larut oleh kemajuan tehnologi terutama yang dapat memunculkan dampak negatif bagi masyarakat.

“Dari 11 prinsip disebarkan Mahatma Gandhi, satu yang paling terkenal dari beliau yaitu ahimsa sehingga beliau akrab disapa sebagai bapak ahimsa dunia,” ungkap I Wayan Sari Dika.

Ajaran ahimsa lebih menekankan makna penghindaran secara total terhadap keinginan, tindakan kehendak yang mengarah pada bentuk kekerasan. Ahimsa lebih menekankan cinta dan kasih sayang, karena hanya cinta memungkinkan seseorang bertindak selaras dengan hati dan pikirannya. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here