Gunung Agung Kebakaran, Warga Ban Was-Was

0
98

Api tampak muncul dari lereng Gunung Agung

KARANGASEM- Kawasan hutan lindung lereng Gunung Agung di wilayah Kubu, Karangasem,kebakaran Rabu (23/9/2020). Api mulai teramati sejak sekitar pukul 18.00 wita hingga malam. Belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Diperkirakan lokasi kebakaran hutan berada sekitar kawasan hutan lindung Munduk Tukad Gamongan Belong, Desa Ban, Kecamatan Kubu.

Perbekel Desa Ban, I Gede Tamu Sugiantara menyampaikan, lokasi kebakaran agak jauh dari pemukiman warga. Hanya saja, situasinya cukup menghawatirkan, lantaran kondisi cuaca musim kemarau dan tiupan angin cukup kencang sehingga ditakutkan kebakaran bisa meluas dengan cepat.

“Warga kami cukup khawatir, karena cuaca panas dan angin kencang, takut kebakaran dengan cepat meluas, tadi bendesa sempat menghubungi saya bilang apinya lumayan besar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bali Timur, Ir. I Made Warda ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa saat ini situasi tidak memungkinkan untuk melakukan pemadaman. Sementara hanya dilakukan pemantauan.

“Situasi tidak memungkinkan, sementara hanya dilakukan pemantauan, rencananya proses pemadaman akan dilakukan setwlah situasinya agak twrang (pagi),” jelas Made Warta.

Lporan BPBD menyebutkan situasi kondisi di lapangan terpantau cuaca cerah, angin bertiup cukup kencang. Api cukup besar dengan posisi berada di lereng Gunung Agung menyebar kearah barat, timur dan selatan. Namun Karena hari sudah malam sangat sulit untuk melakukan pemadaman, maka sementara hanya dilakukan pemantauan oleh pihak KRPH. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here