Laksmi Duarsa Jembatani Aksi Sosial Donor Darah

0
113
Laksmi Duarsa

DENPASAR – Salah seorang pengurus KONI Bali di bagian medis Laksmi Duarsa kembali terlibat aksi sosial yang kali ini dalam sisi donor darah. Dokter spesialis perawatan kulit dan kelamin ini menjembatani pihak Universitas Mahendradatta dan pengurus PDDI untuk melakukan donor darah bersama di Renon, Minggu (20/9/2020).

“Saya menjembatani dua pihak tersebut untuk sama-sama melakukan aksi sosial donor darah dan ternyata ada 80 pendonor darah yang ikut peduli. Semua dilakukan oleh pihak PMI dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan para pihak yang mendonor darah bahkan sebelumya diperiksa dulu. Dengan demikian pendonor darah benar-benar dalam kondisi sehat sebelum diambil darahnya,” tutur Laksmi Duarsa.

Semua itu dilakukan lanjutnya, karena semua pihak yang terlibat memiliki niat untuk berbagi demi kemanusiaan dalam upaya menghilangkan rasa ketakutan. “Hal itu juga dilakukan karena setiap hari kebutuhan darah sekitar 100 sampai 125 kantong. Sedangkan untuk amannya harusnya 2 % dari jumlah penduduk di Bali mejadi relawan donor darah sukarela,” imbuh Laksmi Duarsa.

Diharapkannya, setiap hari semakin banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya untuk sesama. “Pihak PDDI juga berterima kasih dengan semua itu karena disebutkannya jumlah pasien di beberapa rumah sakit mengalami kenaikan sementara untuk kebutuhan darah stoknya sangat menurun tajam. Bahkan pihak PMI dan PDDI yang bersinergi berusaha terus mencari pendonor darah di banjar-banjar, kampus dan segala komunitas masyarakat. Namun karena masa pandemic masyarakat banyak yang takut untuk datang ke UTD PMI Sanglah,” pungkas Laksmi Duarsa. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here