Proses Pencoklitan Sudah 94 Persen

0
36
Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa

TABANAN – Proses pencocokan dan penelitian (pencoklitan ) data pemilih di Kabupaten Tabanan  terus berjalan. Sampai Rabu (05/8/2020) proses pencoklitan sudah mencapai 94 persen dari daftar pemilih sementara. Masih ada delapan hari  untuk menuntaskan pencoklitan.

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa didampingi Pokja data I Ketut Sugina menjelaskan, proses pencoklitan terus dilakukan petugas pemutahiran data pemilih (PPDP) di lapangan. Sejauh ini, tidak ditemukan hambatan yang berarti di lapangan  yang dialami petugas. Pencapaian pencoklitan sudah sangat bagus. “Data yang masuk sudah 94 persen dan mungkin hari ini bisa mencapai 98 persen,” ungkapnya.

Dikatakan, pencoklitan terus dilakukan sampai tuntas. Pihaknya masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk pencoklitan sampai berakhir 13 Agustus mendatang. Dia memastikan proses pencoklitan akan tuntas pada waktunya, apalagi yang tersisa masih sekitar 6 persen. “Kami optimis tuntas pada waktunya dan bisa lebih cepat lagi, karena yang tersisa masih sedikit,” yakinnya.

Ditambahkan, dalam pencoklitan dipastikan ada penambahan pemilih. Karena banyak pemilih yang belum terdaftar sebelumnya. Namun jumlah pastinya baru akan diketahui sampai batas akhir pencoklitan berakhir. Selain itu, pembambahan juga bisa terjadi karena ada yang pindah domisili seperti pulang kampung atau perkawinan. Namun di lapangan juga terjadi pengurangan karena ada yang sudah meninggal atau pindah domisili keluar Tabanan. “Pasti ada penambahan, tetapi  tidak akan terlalu banyak, data pastinya baru akan diketahui sampai batas akhir pencoklitan,” imbuhnya.

Sementara proses pencoklitan data pemilih di Tabanan dimonitoring anggota KPU Provinsi Bali John Gede Darmawan. “Kami hanya mengecek hasil pencoklitan yang sedang dilakukan,” ucapnya seraya meninggal gedung KPU Tabanan. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here