DenpasarHeadline

Transmisi Lokal Meluas, Ini Instruksi Rai Mantra

DENPASAR – Mencegah meluasnya penularan virus corona di Kota Denpasar akibat transmisi lokal, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra mengintruksikan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan tracking yang agresif dilanjutkan dengan tes massal.

“Kalau kasusnya belum ditemukan, tentu langkah penanganan dan pencegahan sulit dilaksanakan. Namun, kalau sudah ditemukan, kita bisa lakukan langkah konkret baik penanganan maupun pencegahan,”tegas Rai Mantra didampingi Juru Bicara GTPP Covid-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai, Sabtu (21/6/2020).

Sampai saat ini memang belum ada kebijakan atau formula pasti dan tepat dalam penanganan Covid-19. Kendati demikian, segala upaya harus terus dilaksanakan sebagai bentuk intervensi pemerintah sehingga mampu menekan dan mengendalikan angka positif Covid-19. “Jadi kami intruksikan kepada GTPP untuk lebih gencar melaksanakan tracking dan tes massal  terutama pada klaster klaster baru baik rapid maupun swab yang bisa memberikan gambaran penyebaran Covid-19 secara nyata. Dari tes massal tersebut nantinya upaya pencegahan agar tidak terjadi transmisi lokal dapat dioptimalkan,”ungkapnya.

BACA JUGA:   Putra Raja Klungkung Daftar Jadi Kandidat Bupati Maju Lewat Partai Nasdem

Rai Mantra kembali menegaskan, segala upaya pemerintah juga wajib mendapat dukungan masyarakat. Hal ini dapat secara sederhana dapat dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan masyarakat mulai dari penggunaan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Jadi, selama peningkatan kuantitas dan kualitas tes massal oleh GTPP, masyarakat diharapkan untuk jujur dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, baik saat bekerja, berniaga ataupun berkegiatan sehari-hari. Semoga Covid-19 dapat segera diputus penyebaranya dan seluruh pasien sembuh dan sehat kembali,”katanya.

BACA JUGA:   Buka Lokasabha V PHDI Kota Denpasar, Wali Kota Jaya Negara Ingatkan Pelayanan Umat

Seperti diketahui, belakangan ini GTPP Denpasar begitu gencar melakukan tes baik rapid maupun swab test, sehingga secara statistik angka kasus covid 19 di Kota Denpasar keliatan meningkat tajam. (sur)

Back to top button