KlungkungPeristiwaTerkini

Cara Menangkal Penyalahgunaan Senjata Api, Kapolres Rajin Cek Senjata Anggota

KLUNGKUNG- Penyalahgunaan senjata api oleh anggota Polri berpeluang besar bisa terjadi kapan dan dimana saja. Penyalahgunaan penggunaan senjata api tidak saja dalam rangka menjalankan tugas, ada juga di luar konteks melaksanakan tugas.

Dalam rangka pengendalian dan menangkal peluang terjadinya penyalahgunaan senjata api oleh anggota Polres Klungkung, Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa melakukan pengecekan senjata api yang dipegang oleh anggotanya. Senjata api itu terlebih dulu dikumpulkan di lobi Mapolres Klungkung, Rabu (17/6/2020). Kapolres didampingi Kasubag Logistik AKP I Made Bargawa menyampaikan, pemeriksaan fisik senjata api adalah dalam rangka menangkal pelanggaran disiplin yang bisa saja dilakukan oleh anggota Polres Klungkung.   

Lanjut perwira melati dua ini, pemeriksaan senjata api juga sebagai tindak lanjut beberapa insiden penyalahgunaan senjata api di daerah laih. “ Polres Klungkung tidak ingin peristiwa itu terjadi di wilayah Klungkung,” tandas Bima Aria Viyasa. Menurutnya, pemeriksaan senjata api (senpi) dilakukan secara rutin maupun sifatnya pemeriksaan insidentil, dalam rangka pengawasan penggunaan senjata api atau dinas kepada anggota. “Pemeriksaan khususnya menyangkut kondisi fisik senjata api masing-masing anggota,” kata kapolres.

Pemeriksaan juga untuk memastikan keberadaan senpi anggota dan mengecek apakah Surat Izin Pemegang Senpi (SIPS) anggota masih berlaku atau sudah tidak berlaku. Dari hasil pemeriksaan, secara keseluruhan senpi yang dipegang anggota dalam keadaan bersih dan dilengkapi dengan surat izin pemegang senjata api dan masih berlaku. “Senjata juga dalam kondisi baik,” imbuhnya. Selain pengecekan senjata api, anggota yang mempunyai surat sebagai bukti sah memegang alat negara tersebut juga mengikuti pemeriksaan kejiwaan.

BACA JUGA:    Ditinggal Mudik, Warung Dibobol Maling

“Kami lakukan ini agar anggota yang pegang senjata tidak salah dalam menggunakan,” demikian Bima Aria. (yan)

Back to top button