Proses Persalinan, OTG Rapid Tes Reaktif Dirujuk Ke RSUP Sanglah

0
478
I Gede Suyasa

BULELENG – Penanganan ekstra dilakukan Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Buleleng terhadap seorang ibu yang sedang menjalani proses persalinan dan menunjukkan reaktif saat dilakukan rapid test. Hasil tracking PDP-80 Terkonfirmasi yang ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) ini, langsung di rujuk ke RSUP Sanglah untuk mendapatkan perawatan intensif.

“Orang Tanpa Gejala (OTG) ini, hasil tracing dari PDP-80 yang saat dilakukan rapid test hasilnya reaktif. Dengan kondisi dalam proses persalinan, Tim Medis GTP2 Covid-19 memutuskan untuk merujuk yang bersangkutan ke RSUP Sanglah sambil menunggu hasil test swab,” ungkap Sekretaris GTP2 Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Rabu (3/6/2020) siang saat menggeber perkembangan penanganan terkini Pandemi Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

BACA JUGA:   Terlilit Utang, Residivis Sasar Mobil Mewah

Selain OTG dalam persalinan ini, kata Suyasa yang juga Sekda Kabupaten Buleleng, dari rapid test terhadap 36 orang hasil tracing, memiliki kontak erat dengan PDP-80 Terkonfirmasi atau positif Covid-19, ada satu orang yang juga hasilnya reaktif. “Dari 36 orang hasil tracing PDP-80, sopir asal Seririt yang dinyatakan terkonfirmasi ini, dua orang hasil rapid testnya menunjukkan reaktif dan selanjutnya ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Salah OTG, seorang ibu yang dalam proses persalinan langsung dirujuk ke RSUP Sanglah agar mendapat perawatan intensif, sementara OTG yang satu lagi karantina di RSP Giri Emas dan menunggu hasil test swab,” tandasnya.

BACA JUGA:   Gubernur Bali Akan Tinjau Penerapan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru di Sejumlah Objek Wisata

Disisi lain, dua orang PDP Terkonfirmasi yakni dengan kode PDP-70 dan PDP-78 keduanya berasal dari Desa Bondalam dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan ke rumahnya masing-masing.Dengan adanya penambahan OTG dan PDP Terkonfirmasi yang sembuh, maka data terkini penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng sampai dengan Rabu (3/6/2020) adalah jumlah kumulatif PDP sebanyak 83 orang. Dengan rincian 11 orang dinyatakan negatif dan 71 orang PDP Terkonfirmasi atau positif. “Dari 71 PDP terkonfirmasi, 58 orang dinyatakan sembuh, 13 orang masih dirawat RSP Giri Emas dan 3 orang dirujuk ke RSUP Sanglah. Selain itu ada 7 PDP Terkonfirmasi positif yang masih dirawat diluar Kabupaten Buleleng,” urainya.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) secara akumulatif sebanyak 1.268 orang, dengan rincian 1.114 sudah selesai masa pantau, 147 karantina mandiri, 6 karantina di RSP Giri Emas dan 1 karantina dirujuk ke RSUP Sanglah. “Pantauan terhadap pelaku perjalanan wilayah terjangkit atau wilayah transmisi lokal (tanpa gejala) secara kumulatif 3.469 orang, 3.331 sudah berakhir masa pantau dan 138 masih dalam pemantauan,” pungkasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − 7 =