BadungTerkini

Salut ! Bocah Ini Bongkar Celengan untuk Beli Sembako

BADUNG – Rasa empati I Komang Jiotirta Satrugna Jagad Natha patut diteladani. Bocah  berusia enam tahun ini menggunakan uang tabungan di celengan untuk membeli sembako kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Aksi peduli di tengah pandemi Covid-19 dilakukan I Komang Jiotirta Satrugna Jagad Natha bersama saudaranya, Ni Made Cahaya Luna Ayu Dianatha (12) dan Gede Jiotirta Laksmana Natha (14). Bahkan, mereka berkeliling mencari warga yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Jagad—sapaan akrab I Komang Jiotirta Satrugna Jagad Natha, menuturkan, uang tabungan di celengan sebanyak Rp 972.300 mendapat  10 paket sembako yang masing-masing berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 8 bungkus mie instan serta masker.  “Sembakonya dikasi ke pemulung, petugas kebersihan, penjual tanaman keliling, tukang kebun, dan tukang bersih-bersih di kantor ibu. Sudah itu saja,” ucap bocah yang duduk di bangku PAUD itu dengan wajah lugu.

BACA JUGA:   Rencana Dihadiri 57 Negara, Pj. Gubernur Mahendra Jaya Sambut Baik Event MNE dan IMSS Tahun 2025 di Bali

Jagad mengaku uang tabungan di celengan rencananya dipakai untuk berwisata ke Dufan karena belum pernah mengunjungi wahana permainan berlokasi di Jakarta Utara tersebut. “  Sekarang buat bagi-bagi sembako saja. Ke Dufannya nanti Jagad nabung lagi,” ucapnya.

Kepedulian Jagad mendapat dukungan dari kedua orang tuanya, Made Madia Surya Natha dan Ni Putu Ayu Puryani.  “Awalnya saya tidak percaya karena dia ngebet ingin ke Dufan. Ternyata, dia memang sungguh-sungguh. Asalkan itu kegiatan positif, kami sebagai orang tua tentu mendukung,” ujar Made Madia Surya Natha yang menjabat Lurah Legian.

Madia mengakui selama ini menanamkan kebiasaan menabung kepada ketiga anaknya. Di tahun-tahun sebelumnya, uang tabungan yang telah terkumpul di dalam celengan biasanya dipergunakan untuk membeli kebutuhan sekolah.   “Mereka menabung dari uang bekal sekolah yang mereka sisihkan sendiri,” kata pria yang sempat viral akibat aksinya membeli motor puluhan juta dari hasil mengumpulkan uang rokok yang ditabung dalam celengan.

BACA JUGA:   469 Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka 2024 Kabupaten Badung

Sebagai bentuk dukungan terhadap aksi sosial anak-anaknya, Madia mengakui bahwa dirinya juga ikut andil dalam pembelian sembako tersebut sehingga total uang yang dipergunakan Rp 1,1 juta. “Bagi saya, itu sekaligus upaya saya sebagai bapaknya, untuk memberikan dukungan moril,” ungkapnya.

Sementara untuk diketahui, keluarga Madia itu dapat digolongkan sebagai sebuah keluarga yang layak untuk dicontoh. Karena mereka adalah keluarga yang kompak, dan itu dapat disaksikan melalui Youtube channel bernama Jagad Natha Channel. (adi)

 

Back to top button