Penumpang di Gilimanuk Turun 80 Persen, Antisipasi Arus Balik

0
80
SIDAK : Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golosse melakukan sidak ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana.

JEMBRANA-H-3 Idul Fitri , Pelabuhan Gilimanuk Jumat (22/05/2020) mendapat pemantauan Kapolda Bali. Saat kunjungan Kapolda Irjen Pol Petrus Reinhard Golose dan jajarannya. Suasana pelabuhan, tidak seramai seperti lebaran sebelum sebelumnya, alias lengang. Dilaporkan ASDP penurunan penumpang turun drastis mencapai 80 persen. Untuk arus penumpang tahun ini lebih didominasi oleh kendaraan barang.

GM ASDP Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk Fahmi Alweni bahwa sejak adanya kebijakan pembatasan orang masuk Bali, pihaknya bersama Gugus Tugas Banyuwangi sudah berupaya maksimal dalam melakukan pengawasan. bahkan diakuinya di Banyuwangi juga sudah ada beberapa tempat pemeriksaan sebelum keluar. “Kami tetap berkoordinasi dengan Gugus Tugas Banyuwangi dan meneruskan aturan ataupun imbauan dari pemerintah di Bali,” tegasnya.

Fahmi menambahkan pihaknya juga sepakat penanganan Covid-19 adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Masalah pandemi Covid-19 juga menjadi atensi seluruh jajaran instansi di bawah Kementerian Perhubungan. Di Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk telah diberlakukan pembatasan loket masuk pelabuhan, sehingga memudahkan penyekatan penumpang. Selain itu, penumpang juga diarahkan masuk melalui check point agar pemeriksaan berjalan lebih optimal,paparnya. Irjen Pol Petrus Reinhard Golose disela-sela kunjungan mengatakan seluruh aktivitas penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk bisa dikontrol oleh petugas dengan baik. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu ada penurunan penyebrangan hingga 80 persen.

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose sidak ke Pelabuhan Gilimanuk.

“Dari laporan yang ada, penurunan sekitar 80 persen, nanti yang perlu diantisipasi saat arus balik,” tandasnya. Kapolda mengapresiasi kinerja petugas serta steak holder, yang sudah menjaga Pulau Bali, menjaga kesehatan termasuk menerapkan protaf kesehatan Covid-19, tingkat kesadaran masyarakat khususnya masyarakat Bali cukup tinggi, tidak ada efek signifikan terhadap aktivitas pelabuhan, petugas Gilimanuk , maupun Ketapang sudah bagus, demikian semua stake holder serta pemangku kepentingan yang sudah bersinergi menjaga Bali,”tandasnya.

Meski demikian bagi warga yang akan balik ke Bali,tetap dicek agar sekembalinya benar -benar sesuai protap Covid -19. Di Bali presentasi angka meninggal akibat Covid -19, termasuk kecil dibanding dengan yang terpapar, terdapat 4 orang meninggal. Malah angka meninggal karena kecelakaan jauh lebih tinggi mencapai 173 orang , mari sama- sama menjaga Bali, patuhi protaf kesehatan yang dianjurkan, seraya mengingatkan penguna pelabuhan mengenakan masker dan helm, jangan hanya pakai masker, tidak pakai helm dalam berkendara,mengingat angka meninggal kecelakaan lalulintas sangat tinggi hingga Mei ini,173 laporan Dirlantas. “Tetap kenakan masker dan helm bagi pengendara motor,” tandasnya.

Sementara itu sesuai data yang diperoleh terkait angkutan lebaran 2020 dari ASDP Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, hingga H-3 lebaran tahun 2020, sebanyak 27.815 orang tercatat keluar Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang. Jumlah ini jauh menurun dibandingkan H-3 lebaran tahun lalu sebanyak 428.019 orang. Hal yang sama juga terjadi pada jumlah penumpang yang memasuki Bali, dimana pada H-3 lebaran tahun 2020 ini total jumlah penumpang yang menyebrang melalui pelabuhan Ketapang sebanyak 11.179 orang. Jumlah ini juga mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 189.495 orang penumpang. (ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here